Pendakian Gunung Epik Ini Akan Membuat Anda Takjub

HALLAH Tribe! Apakah anda tahu bahwa jalan kaki adalah olahraga yang paling dasar dan bermanfaat terhadap kesehatan? Berjalan kaki dapat memberikan manfaat besar bagi tubuh anda seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan dan meningkatkan Kesehatan kardiovaskular anda. Berjalan di tengah alam memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa didapat dari berjalan menggunakan treadmill seperti pohon-pohon yang teduh, udara yang segar dan asupan vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi. Kapan terakhir kali anda menghabiskan waktu untuk menikmati alam? Kalau anda tidak ingat, maka ini adalah kesempatan terbaik anda untuk menikmati keindahan alam dengan manfaat berjalan kaki dan cara terbaik untuk melakukan kedua hal tersebut dengan mendaki gunung. Sayangnya semua hal tersebut belum bisa dilaksanakan karena PSBB, tapi jangan berkecil hati karena anda dapat mulai merencanakan perjalanan mendaki gunung dari sekarang supaya ketika PSBB sudah berakhir, anda sudah siap pergi dengan perencanaan yang matang.

“Anda akan memahami segala nya dengan lebih baik ketika melihat jauh ke alam.” ~ Albert Einstein

Mendaki gunung adalah cara terbaik untuk menyatu dengan alam. Anda dapat memulai perjalanan anda hanya dengan tekad yang bulat dan tas ransel yang berisikan perlengkapan mendaki anda. Anda akan menemukan diri anda jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan yang penuh polusi. Akhirnya anda dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang dapat menjernihkan hati dan pikiran anda.

Kalau anda tertarik untuk mendaki, anda dapat mulai dengan bukit yang paling dekat dari rumah anda dan ketika anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menantang, anda dapat mulai mencari gunung untuk didaki. Kalau anda belum memiliki pengalaman dalam mendaki dan anda kesulitan untuk mencari gunung yang menarik untuk didaki, anda dapat membaca 3 gunung di Indonesia yang kami rekomendasikan untuk anda. Walaupun Indonesia terkena, dengan banyak pantai yang sangat indah, Indonesia juga memiliki banyak gunung yang tidak kalah menarik dan sangat cocok untuk turis yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Gunung Bromo (Level Pemula)

Gunung Bromo adalah gunung berapi yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur Indonesia.

Gunung Bromo dikenal sebagai gunung paling populer di kalangan pendaki gunung. Asap yang keluar dari kawah saat matahari terbit menjadi daya tarik utama bagi turis dan pendaki untuk mengunjungi Gunung Bromo. Pantas saja Gunung Bromo menjadi gunung paling ikonik di Indonesia.

Dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah membuat Gunung Bromo cocok bagi pendaki pemula karena hanya membutuhkan 2-3 jam untuk mencapai puncak. Gunung ini sangat cocok untuk anda yang belum memiliki pengalaman mendaki dan siapapun dapat mendaki Gunung Bromo sampai puncaknya. Pemandangannya yang sangat indah sangat cocok untuk mengisi feed Instagram anda.

Gunung Kerinci (Tingkat Menengah-Mahir)

Apakah Gunung Bromo masih kurang menantang? Jangan khawatir, masih ada Gunung Kerinci yang bisa anda kunjungi. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Indonesia Barat dengan ketinggian 3,805 meter diatas permukaan laut dan membutuhkan 2-3 hari untuk mencapai puncak.

Terletak di Pegunungan Bukit Barisan dan dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki hutan yang indah dan subur. Ini adalah kesempatan yang sempurna bagi pecinta alam untuk mengagumi pemandangan yang indah sambil mendaki.

Untuk para pecinta binatang, Taman Nasional Kerinci Seblat adalah tempat yang tepat untuk anda. Bisa ditemukan berbagai jenis hewan liar mulai dari spesies burung endemik, reptil dan mamalia seperti badak dan gajah Sumatera. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan rumah untuk harimau Sumatera yang juga memiliki populasi harimau terbesar di dunia.

Ketika anda mencapai ketinggian 3300 meter diatas permukaan laut, anda tidak akan menemukan hutan seperti bagian bawah gunung. Anda akan menemukan lereng licin, zat vulkanik mengelilingi batu-batu tajam yang anda harus panjat untuk mencapai puncak. Sebuah tantangan yang menggugah adrenalin dan yang paling penting adalah kegembiraan yang anda rasakan karena sudah menaklukan Gunung Kerinci yang agung.

Puncak Jaya (Level Ekstrim)

Anda mungkin sudah menaklukan berbagai gunung di Indonesia dan kalau anda mendambakan adrenalin tinggi yang belum pernah anda rasakan sebelumnya, Puncak Jaya dapat menjadi destinasi yang menarik untuk anda. Sebagai salah satu dari tujuh puncak gunung yang tertinggi di dunia dan puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4,884 meter diatas permukaan laut.

Puncak Jaya terletak di Barisan Sudirman di Dataran Tinggi Tengah Barat di Provinsi Papua, Indonesia.

Puncak Jaya bukanlah nama dari gunung tersebut melainkan hanya nama untuk puncaknya saja, sebab nama gunungnya adalah Jayawijaya.

Butuh 16-18 hari untuk mencapai puncak! Waktu yang sangat lama disebabkan oleh tingkat kesulitan yang tinggi untuk mendaki. Rute standar menuju puncak dari perkemahan membutuhkan waktu hingga 5 hari dan itu termasuk waktu di dalam hutan dengan kemungkinan besar akan hujan dan jalan yang menjadi licin. Ketika anda sudah sampai di dataran tinggi, anda harus memanjat melewati salju, sungai es dan udara tipis.

Puncak Jaya juga memiliki salju dan sungai es, tetapi sayang sekali karena pemanasan global, sungai esnya sudah menyusut hingga tujuh meter per tahun. Di tahun 2018 pemerintah memprediksi bahwa sungai es akan hilang di dekade 2020 an, jadi ini mungkin adalah tahun-tahun terakhir kita untuk melihat sungai es di Puncak Jaya.

“Mendaki gunung memang adalah proses yang sulit, tetapi bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Sesuatu yang tidak dapat diraih hanya dengan menatap gunung tersebut.”

Pastikan anda bertanggung jawab terhadap lingkungan sekeliling demi keselamatan anda dan mencegah pencemaran lingkungan.

Diterjemahkan oleh: Arvind Agastya

Tinggalkan Balasan

×